Article Detail

Sharing Praktik Baik Pembelajaran di SMP Tarakanita Gading Serpong

Pada Sabtu, 20 April 2024,  SMP  Tarakanita Gading Serpong melaksanakan kegiatan hari Studi Guru (HSG). Dalam acara yang dipandu dengan penuh semangat oleh moderator Bapak Michael Widi Pratikno, S.Or, dua pemateri utama, yaitu Ibu Nugraheni Sri Kumalasari, SPd dan Ibu Christina Susanti, SPd, berbagi pengalaman dan praktik baik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.

Penerapan PBL (Problem Based Learning) Berdiferensiasi dengan Metode Station Rotation oleh Ibu Nugraheni Sri Kumalasari, SPd

Ibu Nugraheni Sri Kumalasari, SPd membawa topik yang menarik tentang penerapan Problem Based Learning (PBL) yang berdiferensiasi, didukung dengan metode Station Rotation. Dalam penyampaian materinya, Ibu Heni menjelaskan secara komprehensif konsep PBL, perbedaannya dengan pembelajaran tradisional, serta langkah-langkah implementasinya. Tidak hanya itu, metode Station Rotation juga diuraikan dengan detail, disertai dengan sharing langkah pendampingan bagi siswa.

Salah satu poin penting yang disoroti adalah pentingnya umpan balik dari seorang guru dalam PBL. Ibu Heni menekankan bahwa umpan balik yang baik memberikan nilai tambah dalam pembelajaran, seperti klarifikasi dan saran yang konstruktif. Selain itu, Ibu Heni juga menjelaskan bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan VR dan alat evaluasi berbasis teknologi.

 

 




Utilization of Youtube Short to Penetrate Student’s Critical Areas oleh Ibu Christina Susanti, Spd

Ibu Christina Susanti, Spd membawakan topik  mengenai pemanfaatan video pendek di YouTube untuk menembus area kritis siswa. Dalam presentasinya, Ibu Christin menjelaskan model pembelajaran yang digunakannya, di antaranya adalah pendekatan saintifik dan metode Backward Design, yang diterapkan pada siswa kelas 9.

Ibu Christin membagikan langkah-langkah dalam menerapkan metode Backward Design serta pentingnya mengidentifikasi dan menembus area kritis siswa. Beliau juga mengajak seluruh guru untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang mampu menjangkau pikiran bawah sadar siswa.

Kesimpulan 

HSG Bulan April 2024 telah memberikan wawasan baru mengenai inovasi dalam pembelajaran di SMP Tarakanita Gading Serpong. Melalui penerapan model pembelajaran inovatif dan pendekatan yang beragam, para pemateri berhasil memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pendidik untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan semangat yang sama, diharapkan pembelajaran di SMP Tarakanita Gading Serpong akan semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa.


 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment