Article Detail
Melihat Kembali Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kelas Melalui Riset Sederhana
Penerapan Pancasila merupakan hal yang penting dari pelajaran Pendidikan Pancasila karena ini adalah tujuan utama dalam pelajaran ini yaitu siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya melalui pelajaran ini kehidupan bernegara dan berbangsa sesuai dengan nilai-nilai dasar negara.
Â
Materi ini sebagai lanjutan dari materi sejarah Pancasila kelas 7, untuk materi ini siswa tidak hanya diminta untuk menyebutkan contoh-contoh penerapan nilai-nilai Pancasila saja. Akan tetapi, siswa diajak untuk melihat kembali bagaimana penerapan ini dilaksanakan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkup kelas.Â
Dalam proses ini, siswa diajak secara objektif menilai penerapan nilai-nilai Pancasila di sekolah terutama di kelas di dalam kelompok-kelompok kecil. Penilaian ini terfokus pada penerapan nilai Pancasila yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hasil dari penilaian ini ditulis dalam hasil diskusi sebanyak-banyaknya setelah itu dalam kelompok berdiskusi untuk memilih satu peristiwa nyata yang terjadi di kelas untuk dilakukan penelitian lebih dalam.Â
Selama proses penelitian setiap kelompok dibekali Lembar Kerja (LK) oleh guru sebagai panduan proses meneliti. Subjek dari penelitian ini adalah teman sekelas dengan metode wawancara. Hasil dari penelitian ini diolah dan dipresentasikan di depan kelas.Â
Pembelajaran dengan metode ini melatih anak untuk secara kritis dalam melihat kondisi yang ada secara objektif dan mencari akar permasalahan kemudian menentukan solusi yang tepat dengan permasalahan yang ada. Selain itu siswa diajarkan untuk berpikir secara sistematis dalam menyusun laporan dan melakukan penelitian.Â
  Â
-
there are no comments yet
