Article Detail

Menggali Potensi Alam Sekitar Sekolah dengan Medel Pembelajaran Problem Based Learning

Materi     : Tema 1 - Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam  

Subtema : Potensi Sumber Daya Alam Indonesia


Materi tentang Potensi Sumber Daya Alam Indonesia ini difokuskan pada pengamatan lingkungan sekolah, meliputi tumbuhan, tanah, air, dan binatang atau mineral lainnya. Pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), di mana siswa diajak untuk langsung terlibat dalam pengamatan dan penelitian di lingkungan sekitar sekolah.


Untuk mendukung kegiatan ini, kelas dibagi menjadi tujuh kelompok. Pembagian kelompok dilakukan sebagai berikut:

1. Dua kelompok mengamati kondisi di depan sekolah.

2. Dua kelompok mengamati area parkir mobil.

3. Dua kelompok mengamati lapangan belakang sekolah.

4. Satu kelompok mengamati taman di depan kelas.


Setiap kelompok bertugas untuk mengamati berbagai elemen lingkungan sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Mereka diminta untuk mencatat segala hal yang mereka temukan, baik itu jenis tumbuhan, kondisi tanah, keberadaan air, binatang yang terlihat, maupun mineral atau unsur lain yang ada di lokasi tersebut.


Setelah melakukan pengamatan, setiap kelompok harus membuat laporan sederhana yang berisi:

- Deskripsi lokasi pengamatan.

- Jenis-jenis sumber daya alam yang ditemukan.

- Kondisi dan karakteristik masing-masing sumber daya alam.

- Manfaat dan potensi dari sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitar dan masyarakat.


Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang potensi sumber daya alam di Indonesia, tetapi juga dilatih untuk melakukan pengamatan langsung, berpikir kritis, dan bekerja sama dalam kelompok. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan aplikatif bagi siswa.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment