Article Detail
PEMBELAJARAN KOLABORASI MENDALAM
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk membuat miniatur rumah tradisional
dari berbagai daerah di Indonesia. Selama kegiatan, siswa tampak antusias dan
aktif berpartisipasi. Mereka duduk berkelompok di lantai kelas, berdiskusi, dan
bekerja sama dalam menyiapkan bahan-bahan seperti kardus, stik es krim, kertas
warna, lem tembak, serta alat potong sederhana.
Setiap kelompok membagi
peran sesuai kemampuan masing-masing, mulai dari menggambar pola, memotong
bahan, merakit bagian rumah, hingga menambahkan dekorasi seperti pepohonan dan
pagar miniatur. Suasana kelas terlihat hidup dan penuh semangat, dengan siswa
saling bertukar ide untuk menghasilkan karya terbaik. Pembelajaran ini merupakan
kolaborasi antara mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya
Keterampilan. Proses pembelajaran yang mendalam melalui kolaborasi, menumbuhkan
minat belajar siswa untuk berkreasi dan bertukar pikiran terhadap pola
pembentukan berfikir mereka. Pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan
membuat siswa merasa senang untuk belajar.
Pada akhir kegiatan,
setiap kelompok berhasil menyelesaikan miniatur rumah adat dengan tampilan yang
unik dan menarik. Beberapa di antaranya menampilkan rumah panggung, rumah
joglo, dan rumah tradisional lainnya yang mencerminkan keberagaman budaya
Indonesia. Selain menampilkan hasil karya, setiap kelompok juga
mempresentasikan miniatur yang telah dibuat serta menjelaskan ciri khas dan
makna budaya dari rumah adat yang dipilih. Kegiatan proyek pembuatan miniatur
rumah tradisional ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme. Siswa tidak
hanya belajar tentang struktur teks deskripsi dan unsur kebudayaan Indonesia,
tetapi juga mengasah kreativitas, kerja sama, serta kemampuan berpikir kritis
dan komunikatif. Kegiatan pembelajaran ini sangat bermakna bagi peserta didik
dalam mengikuti proses belajar.Â
-
there are no comments yet
