Article Detail


PEMBELAJARAN KOLABORASI MENDALAM

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk membuat miniatur rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Selama kegiatan, siswa tampak antusias dan aktif berpartisipasi. Mereka duduk berkelompok di lantai kelas, berdiskusi, dan bekerja sama dalam menyiapkan bahan-bahan seperti kardus, stik es krim, kertas warna, lem tembak, serta alat potong sederhana.

Setiap kelompok membagi peran sesuai kemampuan masing-masing, mulai dari menggambar pola, memotong bahan, merakit bagian rumah, hingga menambahkan dekorasi seperti pepohonan dan pagar miniatur. Suasana kelas terlihat hidup dan penuh semangat, dengan siswa saling bertukar ide untuk menghasilkan karya terbaik. Pembelajaran ini merupakan kolaborasi antara mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya Keterampilan. Proses pembelajaran yang mendalam melalui kolaborasi, menumbuhkan minat belajar siswa untuk berkreasi dan bertukar pikiran terhadap pola pembentukan berfikir mereka. Pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan membuat siswa merasa senang untuk belajar.

Pada akhir kegiatan, setiap kelompok berhasil menyelesaikan miniatur rumah adat dengan tampilan yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya menampilkan rumah panggung, rumah joglo, dan rumah tradisional lainnya yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Selain menampilkan hasil karya, setiap kelompok juga mempresentasikan miniatur yang telah dibuat serta menjelaskan ciri khas dan makna budaya dari rumah adat yang dipilih. Kegiatan proyek pembuatan miniatur rumah tradisional ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme. Siswa tidak hanya belajar tentang struktur teks deskripsi dan unsur kebudayaan Indonesia, tetapi juga mengasah kreativitas, kerja sama, serta kemampuan berpikir kritis dan komunikatif. Kegiatan pembelajaran ini sangat bermakna bagi peserta didik dalam mengikuti proses belajar. 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment