Article Detail
Memperkuat Kebhinekaan Tunggal Ika dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Kegiatan P5 di SMP Tarakanita Gading Serpong
Pada hari Kamis, 15 Agustus 2024, SMP Tarakanita Gading Serpong melaksanakan kegiatan Kurikulum Merdeka. Salah satu kegiatannya yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan Tunggal Ika untuk siswa kelas 7 dan tema Kewirausahaan untuk siswa kelas 8 dan 9.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program yang telah dikembangan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar dapat berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, serta menginternalisasi nilai- nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan tersebut mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam kegiatan yang mampu memberikan Solusi atas berbagai tantangan sosial melalui pendekatan kontekstual.
Pada awal semester satu, siswa kelas 7 SMP Tarakanita Gading mengikuti berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengajarkan nilai- nilai Kebhinekaan Tunggal Ika dan keberagaman budaya Indonesia. Untuk memperkuat semangat persatuan dalam keberagaman, siswa kelas 7 menampilkan berbagai tarian medley dari provinsi di Indonesia, termasuk tarian daerah dan musik tradisional. Setiap kelas telah mendapatkan bagian untuk menampilkan tarian dari berbagai daerah yang berbeda- beda.
Tahap persiapan dan pelaksanaan projek P5 ini tidak luput dari berbagai tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas 7. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08.00 hingga 10.20. Setelah kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan pelaksanaan proyek P5 Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh siswa kelas 8 dan 9.
Siswa- siswi kelas 8 dan 9 diajak untuk mengembangkan ide bisnis kreatif dan inovatif melalui berbagai Pasar Kemerdekaan. Dalam kegiatan ini, siswa belajar tentang perencanaan usaha, strategi pemasaran, dan pengelolaan keuangan. Beberapa siswa mempromosikan produk atau layanan yang telah mereka rancang, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, yang kemudian dipromosikan secara kreatif melalui media sosial.
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa sejak dini, serta mendorong mereka untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Setelah kegiatan Kebhinekaan Tunggal Ika selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Pasar Kemerdekaan yang dilaksanakan pada pukul 10.20 hingga 11.20. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, semua stand makanan dari berbagai kelas laris terjual tanpa ada sisa.
Dalam Pasar Kemerdekaan, terdapat ketentuan bahwa setiap kelas tidak diperbolehkan menjual menu makanan yang sama, baik berupa makanan ringan, makanan berat, maupun minuman. Antusiasme siswa- siswi dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Konsumen yang membeli tidak hanya berasal dari siswa SMP Tarakanita kelas 7,8, dan 9, tetapi juga dari siswa SD, orang tua siswa, serta bapak dan ibu guru.
Melalui kegiatan P5 ini, siswa- siswi diminta untuk membuat laporan projek P5, melakukan evaluasi, menulis artikel kegiatan, serta mengunggah hasil kegiatan dalam bentuk foto atau video di media sosial kelas masing- masing.
Setelah proses ini dapat berjalan secara bersamaan, harapan dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat berbagi pengalaman dan pembelajaran yang mereka peroleh selama kegiatan berlangsung. Kegiatan P5 ini tidak hanya memberikan wawasan keterampilan baru, tetapi juga
mempererat kebersamaan antar siswa dari berbagai kelas.
Penulis : Bernadeta Melyana Dian Pertiwi
-
there are no comments yet