Article Detail

Kreativitas dan Pemahaman Matematika Bersatu dalam Kegiatan Pembelajaran Bangun Ruang

Pada pembelajaran Matematika kelas VIII tahun ajaran 2024–2025 di SMP Tarakanita Gading Serpong, peserta didik diajak untuk memahami materi bangun ruang dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini, mereka tidak hanya belajar melalui teori dan rumus semata, tetapi juga melalui kegiatan menggambar dan membuat ringkasan materi secara visual.

Peserta didik diberikan kertas gambar dan diminta untuk membuat ringkasan materi bangun ruang dengan menggambar dan menuliskan informasi penting. Materi yang dipelajari mencakup bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, prisma, dan limas, serta bangun ruang sisi lengkung seperti tabung, kerucut, dan bola.

Dalam karya mereka, peserta didik menggambarkan bentuk bangun ruang, menuliskan unsur-unsur bangun ruang (seperti titik sudut, rusuk, dan bidang sisi), serta menuliskan rumus luas permukaan dan volume masing-masing bangun. Dengan kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengingat rumus, tetapi juga memahami bentuk dan struktur setiap bangun ruang dengan lebih mendalam.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik dalam memahami konsep bangun ruang serta mengembangkan bakat dan minat mereka dalam seni menggambar dan melukis

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment