Article Detail
Kreativitas dan Pemahaman Matematika Bersatu dalam Kegiatan Pembelajaran Bangun Ruang
Pada pembelajaran Matematika kelas VIII tahun ajaran 2024–2025 di SMP
Tarakanita Gading Serpong, peserta didik diajak untuk memahami materi bangun
ruang dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini, mereka
tidak hanya belajar melalui teori dan rumus semata, tetapi juga melalui
kegiatan menggambar dan membuat ringkasan materi secara visual.
Peserta didik diberikan kertas gambar dan diminta untuk membuat
ringkasan materi bangun ruang dengan menggambar dan menuliskan informasi
penting. Materi yang dipelajari mencakup bangun ruang sisi datar seperti kubus,
balok, prisma, dan limas, serta bangun ruang sisi lengkung seperti tabung,
kerucut, dan bola.
Dalam karya mereka, peserta didik menggambarkan bentuk bangun ruang,
menuliskan unsur-unsur bangun ruang (seperti titik sudut, rusuk, dan bidang
sisi), serta menuliskan rumus luas permukaan dan volume masing-masing bangun.
Dengan kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengingat rumus, tetapi juga
memahami bentuk dan struktur setiap bangun ruang dengan lebih mendalam.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan aspek kognitif
peserta didik dalam memahami konsep bangun ruang serta mengembangkan bakat dan
minat mereka dalam seni menggambar dan melukis
-
there are no comments yet