Article Detail


Kolaborasi Seni, Matematika, dan Budaya dalam Pembelajaran

Kolaborasi Matematika dan SBK pada Pembelajaran kelas 8 tahun Ajaran 2023 /2024Ā 

Kolaborasi ragamĀ  hiasĀ  dan pola bilangan dalam evaluasi pembelajaran, menginspirasi siswa untuk mengembangkan pandangan baru terhadap dua aspek yang kerap dianggap terpisah. Dalam pelajaran ini, siswa diajak untuk menjelajahi hubungan unik antara seni dan matematika.

Kolaborasi matematika dan SBK menjadi pembelajaran yang bermakna karenaĀ  belajar mengenai nilai budaya dan kreativitas yang terkandung dalam batik selain ituĀ  siswa diharapkanĀ  untuk menemukan pola-pola yang ada dalam ragam hias batik tersebut.

Dalam pelajaran matematika, siswa diberikan pemahamanĀ  tentang berbagai pola bilangan seperti pola persegi, pola bilangan ganjil, pola bilangan genap, pola bilangan segitiga,pola segitiga pascal,Ā  pola bilangan aritmatika, pola bilangan geometri, dsb. Mereka diajak untuk mengamati urutan angka dan mengidentifikasi pola yang muncul. Lalu, siswa diajak untuk mencocokkan pola-pola yang ditemukan dalam ragam hias batik dengan pola bilangan yang mereka pelajari.Ā 

Pelajaran ini mengajarkan lebih dari sekadar konsep seni dan matematika. Ini mengajarkan tentang menghubungkan benang merah yang tak terlihat antara berbagai bidang pengetahuan, dan bagaimana kolaborasi dapat membuka pintu untuk pemahaman yang lebih dalam.Ā 

Penulis : Agustina TitinĀ 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment