Article Detail

Belajar Budaya Lewat Komik Proyek Kreatif Siswa SMP Tarakanita Gading Serpong


Dalam semangat Kurikulum Merdeka yang mendorong pembelajaran kontekstual dan bermakna, siswa kelas 8 di SMP Tarakanita Gading Serpong melaksanakan sebuah proyek menarik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila: membuat komik bertema pelestarian kebudayaan daerah Indonesia.Proyek ini merupakan bagian dari materi “Jati diri Bangsa dan Budaya Nasional” yang menekankan pentingnya memahami dan mencintai budaya Indonesia sebagai bagian dari implementasi nilai-nilai Pancasila, terutama sila ke-3, Persatuan Indonesia, dan sila ke-5, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

   

Kreativitas dan kesadaran budaya lewat komik, kegiatan dimulai dengan sesi diskusi tentang keberagaman budaya di Indonesia, serta tantangan yang dihadapi dalam menjaga budaya di tengah arus globalisasi. Para siswa kemudian diminta memilih salah satu budaya daerah untuk dijadikan fokus cerita dalam komik mereka. Tujuannya bukan hanya menggambarkan keindahan budaya, tetapi juga mengangkat isu-isu pelestarian budaya yang relevan di masa kini.

Komik dipilih karena mampu menjadi media ekspresi yang kuat, sekaligus mudah dipahami oleh siswa seusia remaja. Mereka bukan hanya belajar tentang budaya, tapi juga merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ini bentuk penguatan karakter yang dikemas dengan cara menyenangkan. Selain itu juga menumbuhkan nilai-nilai CC5+ yaitu creativity dan community, serta menumbuhkan rasa peduli terhadap budaya Indonesia.

Kegiatan ini menjadi contoh nyata penerapan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), sekaligus menjadi sarana membangun jiwa kebangsaan, toleransi, dan cinta tanah air melalui cara yang dekat dengan dunia remaja. Dengan mengenal budaya, siswa bukan hanya melihat ke belakang, tapi juga bertanggung jawab untuk melestarikannya ke depan.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment