Article Detail

Google Keep; Salah Satu Alternatif Agenda Kelas

Google Keep; Salah Satu Alternatif Agenda Kelas

Christina Ika Maheni


Pembelajaran di era pandemi mempengaruhi pemakaian aplikasi pembelajaran sebagai wadah penyampaian materi dan pengumpulan tugas, sebagai contohnya adalah Google Classroom dan jenis LMS lainnya. 

Di era pandemi tentunya memerlukan aplikasi untuk Wali Kelas berkoordinasi dengan peserta didik. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Google Keep. 

Google Keep adalah alat untuk menulis catatan, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Aplikasi ini juga dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

 

Tampilan Google Keep yang terdapat di PC, laptop, dan handphone pada primsipnya sama. Google Keep memiliki fitur ingatkan saya, kolaborator, ubah warna, tambahkan gambar, dan arsipkan. 

Google Keep juga menyediakan fitur untuk memberikan kotak centang yang dapat digunakan untuk mendaftar siswa yang belum mengerjakan

tugas dan pendampingan khusus.

 

Tentunya Google Keep ini harus dapat dilihat oleh seluruh peserta didik artinya guru harus memasukkan kolaborator. Dalam hal ini, guru harus membuat Google Group yang mengahruskan siswa untuk menerima undangan grup tersebut. Tahapanya adalah sebagai berikut. 

1. Search Google Grup pada browser anda. 

2. Buat grup.

3. Step 1 - Buat nama grup dan email grup

4. Step 2 – Konfirmasi privasi grup 

5. Step 3 – Matikan “Tambahkan anggota secara langsung” 

6. Tambahkan anggota grup dengan memasukkan seluruh email peserta didik) 

7. Peserta didik wajib mengonfirmasi dengan cara menerima undangan grup. 

8. Apabila sluruh peserta didik sudah menerima undangan grup, kembalilah ke Google Keep. 

9. Buatlah agenda. Bagian kolaborator diisi dengan email grup yang sudah dibuat. 


   





Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment