Article Detail


Generasi Cerdas dalam Pembayaran Non-Tunai dengan Model Discovery Learning

Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam cara manusia bertransaksi. Kini, masyarakat mulai beralih dari sistem pembayaran tunai menuju pembayaran non-tunai seperti e-wallet, kartu debit, dan mobile banking. Untuk menyiapkan peserta didikĀ  agar mampu beradaptasi dengan perubahan ini, SMP Tarakanita Gading Serpong menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam kegiatan belajar bertema ā€œLiterasi Keuangan Digital di Era Pembayaran Non-Tunai.ā€ Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu memahami konsep dasar literasi keuangan, mengidentifikasi berbagai bentuk alat dan sistem pembayaran digital yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan pentingnya literasi keuangan digital, menganalisis manfaat dan risiko penggunaan alat pembayaran non-tunai, serta menunjukkan sikap kritis, aman, dan bertanggung jawab dalam menggunakan layanan keuangan digital.

Dalam penerapannya, peserta didik pertama-tama mencari informasi dari berbagai sumber, baik online maupun buku pelajaran, untuk mengenali macam-macam alat pembayaran digital yang ada di sekitar mereka. Selanjutnya,Ā  menganalisis data dan menyusun kesimpulan awal mengenai penggunaan alat pembayaran digital. Peserta didik kemudian berdiskusi dan membandingkan hasil temuannya dengan teman-teman lain, sehingga muncul tema baru berdasarkan pengamatan bersama. Sebagai tahap akhir, peserta didikĀ  membuat infografis yang menampilkan temuan penting dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas atau kelompok, menjelaskan pentingnya literasi keuangan digital dan cara bertransaksi non-tunai secara aman.

Pembelajaran ini membantu peserta didik menjadi lebih paham dan sadar akan pentingnya literasi keuangan digital, lebih kritis dan selektif dalam menggunakan aplikasi keuangan online, serta siap menghadapi perkembangan teknologi finansial yang terus berkembang pesat.Ā 

Foto kegiatan

A group of people in uniform

AI-generated content may be incorrect.A group of students in a classroom

AI-generated content may be incorrect.A group of people in a classroom

AI-generated content may be incorrect.A group of people sitting at tables in a classroom

AI-generated content may be incorrect.A group of people sitting at a table

AI-generated content may be incorrect.A group of students in uniform

AI-generated content may be incorrect.A group of students in a classroom

AI-generated content may be incorrect.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment