Article Detail
“EKSPLORASI GAYA HIDUP MASYARAKAT DENGAN JEJAK PERUBAHAN MASA LALU KE ERA MODERN MELALUI PEMBELAJARAN TEKS REKON”
Peserta didik SMP
Tarakanita Gading Serpong kelas 9, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini
mendapatkan materi teks rekon. Teks rekon merupakan teks menceritakan kembali
suatu peristiwa atau pengalaman pada masa lampau. Pembelajaran diawali dengan pengenalan
konsep teks rekon serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya,
peserta didik diajak menelusuri berbagai perubahan yang terjadi dari masa ke
masa, terutama perubahan yang pernah mereka alami. Pada tahap akhir, peserta
didik diminta untuk menghasilkan sebuah karya kelompok sebagai bentuk penerapan
materi. Kegiatan ini menerapkan model PJBL yang menekankan kolaborasi,
kreativitas, dan pemecahan masalah bersama.
Â
Peserta didik
dibagi menjadi 7 kelompok, dan setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Guru
memberikan topik secara adil kepada masing-masing kelompok, yaitu pakaian, alat
komunikasi, transportasi, perkembangan musik, dan uang. Setelah menentukan
kelompok serta menerima tugasnya masing-masing, peserta didik diberi waktu satu
bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Selama proses pengerjaan, setiap
kelompok aktif berdiskusi, mengumpulkan informasi, menyiapkan kertas, alat
warna, lem, dan perlengkapan lainnya, serta mencari gambar-gambar yang
menunjukkan perubahan dari masa ke masa. Seluruh kelompok menunjukkan
partisipasi yang baik dalam bekerja sama dan menyusun proyek.
      Â
   Â
Setelah proyek
selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka dengan
memperkenalkan jejak perubahan dari masa lalu hingga era modern menggunakan
berbagai strategi yang kreatif. Pada akhir presentasi, guru memberikan
pertanyaan kepada tiap kelompok untuk menilai pemahaman mereka terhadap materi.
Peserta didik lain yang menjadi audience juga diberi pertanyaan agar dapat
semakin memahami materi yang disampaikan.
Pembelajaran ini
tidak hanya bertujuan untuk melihat kemampuan kolaborasi, kreativitas, dan
pemecahan masalah bersama, tetapi juga untuk menilai kemampuan peserta didik
dalam menulis sesuai struktur rekon dan kaidah kebahasaan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
-
there are no comments yet
