Article Detail

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Membangun Kompetensi dan Kreativitas Melalui Kurikulum Merdeka di SMP Tarakanita Gading Serpong

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Membangun Kompetensi dan Kreativitas Melalui Kurikulum Merdeka di SMP Tarakanita Gading Serpong

Pada Tahun Ajaran 2023/2024, SMP Tarakanita Gading Serpong pada jenjang kelas 7 dan kelas 8 menerapkan kurikulum merdeka. Salah satu keistimewaan dari kurikulum merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengamati dan merumuskan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, dengan tujuan menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek guna memperkuat upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang tersusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pada semester pertama, SMP Tarakanita Gading Serpong telah melaksanakan kegiatan P5 sebanyak dua kali. P5 pertama diadakan pada tanggal 18 Agustus 2023 dengan tema Kewirausahaan, sementara projek P5 kedua mengangkat tema Kebhinekaan Global. Persiapan untuk kegiatan  P5 kedua dimulai pada bulan September, dan hasilnya ditampilkan pada tanggal 21 Oktober 2023, bersamaan dengan puncak kegiatan Pesta Perak SMP Tarakanita Gading Serpong.

Dalam pelaksanaan P5, setiap kelas menampilkan tarian medley dari provinsi di Indonesia. Setiap kelas bertanggung jawab untuk membuat kreasi tarian medley dengan durasi maksimal 15 menit per kelas. Sebelum pelaksanaan projek P5, setiap kelas melakukan diskusi untuk membagi tugas kepanitiaan kegiatan, seperti ketua panitia, bendahara, sekretasis, sie kostum, sie make up, sie perlengkapan, sie dokumentasi, sie aksesoris, dan sie koreografer.

Berikut adalah penampilan tarian dari setiap kelas:

  • Kelas 7A dan 8D menampilkan tarian dari daerah Maluku dan Papua.

  • Kelas 7B dan 8A menampilkan tarian dari daerah Jawa Barat.

  • Kelas 7C dan 8E menampilkan tarian dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Kelas 7D dan 8F menampilkan tarian dari daerah Sumatera.

  • Kelas 7E dan 8C menampilkan tarian dari daerah Kalimantan dan Sulawesi.

  • Kelas 7F dan 8B menampilkan tarian dari daerah Bali - Nusa Tenggara Timur.

Dalam setiap tahap persiapan dan pelaksanaan projek, para guru pendamping memberikan penilaian melalui lembar observasi dan memberikan catatan khusus selama pendampingan penyiapan proyek ini.

Setelah selesai pelaksanaan projek P5, para siswa diminta untuk membuat laporan projek P5, melakukan evaluasi, dan merefleksikan pengalaman mereka.

Melalui Kegiatan P5 ini, peserta didik mendapatkan banyak manfaat positif, seperti pengembangan kerjasama, daya juang, kekompakan, kreativitas, serta pembelajaran kepemimpinan, karena seluruh kegiatan ini disiapkan oleh peserta didik sendiri dengan dukungan peran guru sebagai fasilitator kegiatan.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar pelajar Indonesia memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis, serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karena itu, diharapkan agar pelajar Indonesia dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan global yang berkelanjutan dan mampu menghadapi berbagai tantangan.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment