Article Detail

PBL Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Kartu Klasifikasi

Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) adalah pendekatan yang memfokuskan pada penggunaan masalah nyata atau situasi yang relevan sebagai pemicu pembelajaran. Dalam konteks materi klasifikasi makhluk hidup, PBR dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep klasifikasi melalui masalah yang membutuhkan pemecahan.

Langkah – Langkah dalam pembelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah sebagai berikut :

  1. Siswa diberikan contoh beberapa makhluk hidup (misalnya, berbagai jenis hewan dan tumbuhan) tanpa diberi tahu bagaimana cara mengelompokkannya

  2. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dalam kelompok tentang apa yang mereka ketahui tentang klasifikasi makhluk hidup dan apa yang mereka rasa belum mereka pahami.

  3. Siswa kemudian mengidentifikasi kriteria yang bisa digunakan untuk mengelompokkan makhluk hidup, seperti ciri-ciri morfologi, habitat, atau cara berkembang biak.

  4. Siswa diberi set kartu klasifikasi makhluk hidup yang berisi gambar atau deskripsi berbagai jenis makhluk hidup (misalnya, gambar hewan dan tumbuhan beserta ciri-ciri khasnya).

  1. Siswa diminta untuk bekerja dalam kelompok untuk menyortir dan mengelompokkan makhluk hidup tersebut berdasarkan ciri-ciri yang ada di kartu (misalnya, berdasarkan jenis, bentuk tubuh, jenis makan, habitat, atau sistem klasifikasi seperti kingdom, filum, kelas, dan seterusnya).



  1. Siswa juga dapat mencari informasi tambahan melalui buku atau internet untuk memperdalam pemahaman mereka tentang klasifikasi makhluk hidup

  1. Setiap kelompok menyajikan hasil pengelompokkan mereka kepada kelas dan menjelaskan dasar pengelompokkan yang mereka pilih.

  2. Guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan apakah pengelompokan tersebut sudah tepat atau perlu disesuaikan.

  1. Siswa dapat diajak untuk memahami kategori utama dalam klasifikasi makhluk hidup

  2. Siswa diminta untuk membuat klasifikasi sederhana menggunakan sistem taksonomi yang telah dipelajari

  3. Guru meminta siswa untuk menulis refleksi singkat tentang apa yang mereka pelajari selama kegiatan

Dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) ini, siswa tidak hanya belajar tentang klasifikasi makhluk hidup, tetapi juga dilibatkan dalam proses penyelidikan dan penerapan pengetahuan dalam situasi yang nyata. Menggunakan kartu klasifikasi sebagai alat bantu visual membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan memudahkan siswa untuk memahami konsep-konsep abstrak dalam taksonomi.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment